Animasi Dalam Game Sederhana
Pada 3 (tiga) tulisan sebelumnya, sudah diperkenalkan teknik sederhana untuk membuat Animasi. Teknik ini bisa dikembangkan lagi untuk membuat Animasi yang lebih menarik atau bisa juga dikembangkan untuk membuat sebuah game sederhana.
Pada source code yang disertakan bersama tulisan ini, teman-teman akan menemukan sebuah contoh game tembak-tembakan sederhana. Untuk bisa membuat game ini, pengetahuan yang sudah diperkenalkan pada tulisan sebelumnya sangat dibutuhkan dan juga diperlukan fungsi yang bisa mengenali penekanan tombol PANAH dan SPASI, untuk itu telah dilakukan modifikasi pada fungsi kbhit()dan getch().
Berikut ini adalah cuplikan singkat tampilan dari game yang dibuat :
Terdapat 3 buah informasi yang ditampilkan pada layar :
- Arah Senjata : Jika kita menekan tombol PANAH KANAN, arah senjata akan menampilkan KANAN begitu juga saat menekan PANAH KIRI, arah senjata akan menampilkan KIRI.
- Tembak : Jika kita menekan tombol SPASI, akan ditampilkan tulisan IYA dan jika peluru sudah mencapai BATAS ATAS akan ditampilkan tulisan TIDAK.
- Kena : Berisi informasi terjadinya tabrakan antara PELURU dan TARGET / SASARAN.
Animasi - Teknik Mendekteksi Tabrakan
Sampai tulisan ini dibuat, sudah terdapat 2 (dua) buah seri belajar membuat animasi sebelumnya, animasi maju mundur, dan animasi maju mundur 2 yang merupakan dasar dari tulisan ini, sehingga sangat disarankan untuk teman-teman membaca & memahami dulu kedua seri tersebut.
Pada tulisan kali ini, kita akan belajar bagaimana mendeteksi terjadinya tabrakan antara dua objek, dua tulisan. Pengetahuan ini sangat membantu kita untuk membuat animasi teks yang lebih menarik lagi.
Berikut ini adalah contoh output dari source code yang tersedia.
Perhatikan, informasi tabrakan yang ditampilkan. Jumlah tabrakan akan meningkat jika tulisan "CPP" bertabrakan dengan karakter "x".
Animasi Tulisan Maju-Mundur 2
Program ini adalah pengembangan dari program sebelumnya. Bagi yang baru belajar, disarankan untuk melihat dulu program sebelumnya untuk memahami konsep dasar. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, animasi ini menggunakan konsep sederhana"TULIS" dan "HAPUS", pada program kali ini saya perkenalkan juga teknik menghapus menggunakan kombinasi perintah cout.width()dan cout.fill() dan cout<<"".
Animasi Tulisan Maju-Mundur
Animasi tulisan Maju-Mundur adalah animasi sederhana membuat tulisan bergerak maju dan saat mencapai posisi tertentu tulisan tersebut akan bergerak mundur, begitu seterusnya. Program akan berakhir jika pemakai menekan tombol 'x'.
Program ini bisa dibuat dengan mudah menggunakan Turbo / Borland C++ for Dos, karena telah tersedia fungsi-fungsi yang cukup mudah untuk digunakan seperti GOTOXY, DELAY, KBHIT dan GETCH.
- delay(): digunakan untuk menunda proses eksekusi selama beberapa millisecond
- gotoxy(): digunakan untuk menempatkan kursor pada posisi KOLOM dan BARIS
- kbhit(): digunakan untuk mendeteksi terjadinya penekanan tombol. Jika terdapat tombol yang ditekan maka fungsi ini akan mengembalikan nilai TRUE sebaliknya FALSE
- getch(): digunakan untuk mengambil informasi tombol yang terakhir kali ditekan.
Yang perlu dilakukan hanyalah menggunakan pusataka, conio.h & dos.h.
#include <conio.h>
#include <dos.h>
Akan tetapi ketika kita menggunakan IDE lain yang tidak tersedia kedua pustaka diatas atau tidak terdapat fungsi yang diinginkan, maka proses pembuatan program ini akan menjadi sulit.
Program kali ini akan dikhususkan untuk teman-teman yang menggunakan sistem operasi Windows yang tidak menggunakan IDE Turbo / Borland C++ for DOS, karena kita akan menggunakan pustakawindows.h untuk membuat keempat fungsi diatas, setelah itu menggunakan fungsi buatan kita ini untuk membuat animasi Tulisan Maju-Mundur.
Good animasi...tetapi msh sangat sederhana...coba yang ini
BalasHapuswww.heriady.com
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusIjin download source code kak
BalasHapushttps://www.youtube.com/watch?v=toY3vyibEVc
BalasHapus